Peta Informasi Kota Tegal


View Peta Informasi Kota Tegal in a larger map

Wisata Kuliner

Warung Pak Di, Warung Makan Nasi Bandeng dan Oseng dibuka jam 17.00 sampai jam 22.00. Memang lezat rasanya semua hidangan yang disajikan .... mak nyuuuuus. Bila anda berkunjung ke Kota solo, jangan lupa nikmati “Warung Pak Di” Mangkunegaran – Solo.

KOTA Solo dikenal sebagai gudangnya wisata kuliner. Di kota ini, banyak sekali aneka hidangan disajikan antara lain : Tengkleng, Nasi Liwet, Soto , dan sebagainya. Dan yang tidak kalah menariknya dari semua jenis hidangan khas Solo adalah Nasi Kucing Bungkus Koran atau daun pisang. Umumnya Warung-warung yang menyajikan nasi kucing buka mulai jam 17.00 sampai jam 00.00 (malam hari).

Dalam perjalanan saya ke Solo dalam rangka menghantarkan putri sulungku untuk registrasi di Universitas Sebelas Maret Solo pada tanggal 30 Mei – 01 Juli 2011, saya menyempatkan diri mampir di warung nasi kucing yang mana di Solo dikenal dengan sebutan HIK (Hidangan Istimewa Kampung). Kesempatan ini saya lakukan guna mengingat masa-masa sewaktu kuliah di Yogya dengan istilah nasi kucing atau angkringan. (Konon dengan makan nasi kucing bungkus koran, atau bungkus daun pisang, banyak sekali para mahasiswa penikmat nasi kucing bungkus koran sukses bahkan berhasil menjadi menteri ....he..he..he).

Warung Pak Di
Mangkunegaran-Solo, Warung Makan Nasi Bandeng dan Oseng

Warung Pak Di, ini, Sangat strategi letak dan lokasinya yaitu di komplek Mangkunegaran – Solo. Warung ini berdiri sejak tahun 1978, sehingga sampai saat saya menikmati hidangan pada tanggal 3i Mei 2011 jam 20.00 sampai jam 21.30, sudah 30(tiga puluh tiga) tahun. Tampak kesederhanaan dalam penampilan warung tersebut namun bersih, sehingga hal ini membuat tertariknya para pengunjung untuk mengunjunginya. Apalagi beraneka ragam menu yang disajikan, mulai dari nasi bandeng , nasi oseng , Mihun, yang semuanya dikemas dengan daun pisang, dan berbagai lauk pauk tempe bacem. Tahu bacem, sate dan beraneka gorengan :tempe goreng, tahu goreng dan pisang goreng, dan lain-lain. Dan bermacam Minuman penghangat tubuh di malam hari antara lain : wedang teh panas, wedang jahe, wedang jeruk, wedang kopi dan sebagainya yang semuanya memberikan kesan merakyat. Kesan inilah yang membuat kita semuanya betah/krasan untuk duduk lama menikmati hidangannya yang lezat sambil berbincang mengenang cerita lama semasa sekolah (yang kebetulan saat ini saya ditemeni dengan 2 rekan SMA). Yah.... merdeka, senang dan nikmat.

Warung Pak Di, Warung Makan Nasi Bandeng dan Oseng dibuka jam 17.00 sampai jam 22.00. Memang lezat rasanya semua hidangan yang disajikan .... mak nyuuuuus. Bila anda berkunjung ke Kota solo, jangan lupa nikmati “Warung Pak Di” Mangkunegaran – Solo.

Oleh : Maz Prihartanto

0 komentar:

Poskan Komentar

Oleh-oleh dari Solo

Wisata Kuliner


Ketika kami sekeluarga mengadakan perjalanan dengan tujuan ke Solo pada tanggal 30 Mei s/d 1 Juni 2011 dalam rangka mengantarkan putri sulungku untuk regristrasi / penyerahan dokumen sebagai kelengkapan persyaratan yang telah diterima melalui jalur PMDK atau jalur undangan berdasarkan prestasi akademik di Universitas Sebelas Maret, selama dalam perjalanan kami 3(tiga) hari Blog Sepeda sebagai sarana Transportasi dan mengenang rekan-rekan tersebut, saya menyempatkan diri mampir di warung angkringan guna mengenang masa-masa lalu sebagaimana yang saya ceritakan dalam Album senasip seperjuangan dalam Album Kenangan82 ketika saya golek ilmu di Yogyakarta. Warung angkringan yang saya ampiri adalah Warung Pak Di, Warung Makan Nasi Bandeng dan Oseng, terletak di Kompleks Mangkunegaran-Solo.


Setelah acara regristrasi putri sulung saya selesai, kemudian hari rabu, tanggal 1 Juli 2011 jam 11.30, melakukan perjalanan pulang. Setiap saya melakukan perjalanan bila lewat/melalui Kota Solo, tidak lupa selalu mampir di Pasar Gede sekedar membeli Karak (Kerupuk) kesenanganku dan sempat muter2 di kota Solo ini. Selanjutnya kami meneruskan perjalanan ke arah barat/Semarang, ketika jam sudah menunjukkan angka 13.30 kami mampir pada tempat peristirahatan di daerah Boyolali hendak melakukan kewajiban sholat dan sekalian makan siang. Di Tempat ini disebutnya Rumah Makan Semar dan dikenal dengan nama “Semar Resto” menurut saya adalah tempat yang memadai baik areal parkirnya, musholanya, ruangannya dan bahkan menunya. Semoga oleh-oleh ini bermanfaat bagi anda semua, terimakasih.


 
Powered by by: Blogger