Peta Informasi Kota Tegal


View Peta Informasi Kota Tegal in a larger map

Semar Resto-Kuliner

Semar Resto dan Joglo Sasono Mulyo 

   Semar Resto/Foto Gopries82
Semar Resto dan Joglo Sasono Mulyo , terletak di jalan raya solo –Boyolali dengan lingtang 7 32' 33" (S) dan Bujur 110 37' 34" (T) tepatnya di sebelah selatan jalan raya kurang lebih 4500 m ke arah barat dari Depo Pertamina atau + 10.000 m dari Gapura Batas Wilayah Kabupaten Boyolali dengan Kabupaten Sukoharjo. Restoran tersebut terletak di wilayah Kabupaten Boyolali.

Dalam perjalanan pulang dari Solo menuju Semarang tanggal 1 Juni 2011, Pada saat saya hendak beristirahat makan siang dan melaksanakan kewajiban sholat dhuhur ketika itu jarum jam sudah menunjukkan pukul 14.00 saya singgah di sebuah tempat Rumah Makan/restoran yang representatip, nyaman dan asri dengan area parkir yang sangat memadai serta nyaman. Ketika saya turun dari kendaraan dan memasuki ruangan restoran, saya tertarik dengan gaya ruangan dan meubel/ meja kursi makannya di desain ala budaya jawa yang unik. Dinding rumah sengaja di desain setinggi 90 – 100 cm sehingga tampak terbuka dengan udara luar. Dan dikombinasi dengan meletakkan kere (istilah Jawa) terbuat dari bambu yang bisa di gulung dan dibentangkan, ornamen ini menambah kesan asri. Usuk dan reng sengaja dibiarkan terbuka tidak tertutup dengan plavon menambah keunikan ruangan seperti rumah-rumah budaya jawa jaman doeloe. Tiang saka atau penyangga rumah didesain bulat berdiameter + 60 cm, bila kita melihatmya sepintas tampak seperti batang/glondongan kayu jati ungkul. Ketika saya hendak Sholat dhuhur, saya lebih terkesan lagi dimana mushola terbuat dari kayu dengan model panggung dan dinding setengah terbuka, desain ini sepertinya memanfaatkan udara dari luar. Disebelah selatan mushola terdapat rumah joglo sangat besar dengan model gaya keratonan. Joglo ini disebutnya Sasono Mulyo, konon Joglo tersebut sering digunakan untuk pertemuan-pertemuan atau digunakan untuk acara pernikahan. Ketiga bangunan inti yaitu Rumah Makan/Restoran, Mushola dan Rumah Joglo dan ada beberapa kamar untuk penginapan. Prediksi saya mungkin dimanfaatkan untuk menginap para keluarga dari temanten kakung atau keluarga temanten putri, bila ada acara pernikahan. Bangunan-bangunan tersebut berdiri di dalam satu bidang tanah yang luas dan berpagar keliling. Halaman yang ada memang tertata rapi, kombinasi paving blog dengan rumput yang terpotong rapi serta tanaman palm . (namun menurut saya bila halaman yang luas tersebut sedikit di poles dengan taman akan lebih asri).

Rumah Joglo Sasono Mulyo

                                                                                                                                                     Sasono Mulyo/Foto Gopries82
Rumah Joglo ini berukuran kurang lebih panjan 25 m, Lebar 25 m, dengan desain gaya/ model Rumah joglo keratonan dan digunakan untuk acara pertemuan dan pernikahan.

Restoran / Rumah Makan

                                                                                                                                                     Semar Resto/Foto Gopries82
 Restoran atau Rumah makan (Semar Resto) ini berukuran kurang lebih panjang muka 15 m dan lebar samping 20 m. Dengan gaya rumah khas jawa jaman doeloe. Dinding setengah terbuka dengan tinggi + 90 – 100 cm. Dan dikombinasi dengan kere terbuat dari bambu.

Menu Hidangan

                                                                                                                                             Menu Semar Resto/Foto Gopries82

Menikmati Hidangan

                                                                                                               Menikmati Hidangan Semar Resto/Foto Gopries82


Oleh: Maz Prihartanto

0 komentar:

Posting Komentar

Oleh-oleh dari Solo

Wisata Kuliner


Ketika kami sekeluarga mengadakan perjalanan dengan tujuan ke Solo pada tanggal 30 Mei s/d 1 Juni 2011 dalam rangka mengantarkan putri sulungku untuk regristrasi / penyerahan dokumen sebagai kelengkapan persyaratan yang telah diterima melalui jalur PMDK atau jalur undangan berdasarkan prestasi akademik di Universitas Sebelas Maret, selama dalam perjalanan kami 3(tiga) hari Blog Sepeda sebagai sarana Transportasi dan mengenang rekan-rekan tersebut, saya menyempatkan diri mampir di warung angkringan guna mengenang masa-masa lalu sebagaimana yang saya ceritakan dalam Album senasip seperjuangan dalam Album Kenangan82 ketika saya golek ilmu di Yogyakarta. Warung angkringan yang saya ampiri adalah Warung Pak Di, Warung Makan Nasi Bandeng dan Oseng, terletak di Kompleks Mangkunegaran-Solo.


Setelah acara regristrasi putri sulung saya selesai, kemudian hari rabu, tanggal 1 Juli 2011 jam 11.30, melakukan perjalanan pulang. Setiap saya melakukan perjalanan bila lewat/melalui Kota Solo, tidak lupa selalu mampir di Pasar Gede sekedar membeli Karak (Kerupuk) kesenanganku dan sempat muter2 di kota Solo ini. Selanjutnya kami meneruskan perjalanan ke arah barat/Semarang, ketika jam sudah menunjukkan angka 13.30 kami mampir pada tempat peristirahatan di daerah Boyolali hendak melakukan kewajiban sholat dan sekalian makan siang. Di Tempat ini disebutnya Rumah Makan Semar dan dikenal dengan nama “Semar Resto” menurut saya adalah tempat yang memadai baik areal parkirnya, musholanya, ruangannya dan bahkan menunya. Semoga oleh-oleh ini bermanfaat bagi anda semua, terimakasih.


 
Powered by by: Blogger