Peta Informasi Kota Tegal


View Peta Informasi Kota Tegal in a larger map

Masakan Khas Jawa Timur

 Nasi Rawon

Kuliner yang kita bahas kali ini bernama Rawon, makanan berkuah ini konon katanya asli dari Jawa Timur. Mayoritas kabupaten-kabupaten yang ada di Jawa Timur pasti terdapat makanan favorit ini, bahkan mungkin sudah menyeberang sampai ke propinsi tetangga seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bahkan dulu ketika saya tinggal di Bandung juga pernah menemui warung-warung yang menjual menu Nasi Rawon ini, mungkin yang jualan berasal dari Jawa Timur.

OK langsung saja, Rawon mungkin sekilas mirip dengan kuah Gule karena warnanya yang coklat-kehitaman, karena warna ini diperoleh dari bumbu masak yang namanya Kluwek. Namun kluwek tidak hanya menghasilkan warna coklat-kehitaman saja namun aroma dan rasa yang ditimbulkan menjadikan kuah semakin gurih dan mempunyai cita rasa khas tersendiri.

Nah…isian wajib dalam rawon adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil/dadu. Mungkin mirip seperti jenis daging sapi yang digunakan pada daging rendang-masakan Padang. Daging ini dimasak sampai empuk dulu baru dicampur dengan kuah Rawon, namun selain daging biasanya juga disertakan lemak daging (gajih) yang menambah sensasi ketika menyantap Nasi Rawon. Selengkapnya .....

0 komentar:

Posting Komentar

Oleh-oleh dari Solo

Wisata Kuliner


Ketika kami sekeluarga mengadakan perjalanan dengan tujuan ke Solo pada tanggal 30 Mei s/d 1 Juni 2011 dalam rangka mengantarkan putri sulungku untuk regristrasi / penyerahan dokumen sebagai kelengkapan persyaratan yang telah diterima melalui jalur PMDK atau jalur undangan berdasarkan prestasi akademik di Universitas Sebelas Maret, selama dalam perjalanan kami 3(tiga) hari Blog Sepeda sebagai sarana Transportasi dan mengenang rekan-rekan tersebut, saya menyempatkan diri mampir di warung angkringan guna mengenang masa-masa lalu sebagaimana yang saya ceritakan dalam Album senasip seperjuangan dalam Album Kenangan82 ketika saya golek ilmu di Yogyakarta. Warung angkringan yang saya ampiri adalah Warung Pak Di, Warung Makan Nasi Bandeng dan Oseng, terletak di Kompleks Mangkunegaran-Solo.


Setelah acara regristrasi putri sulung saya selesai, kemudian hari rabu, tanggal 1 Juli 2011 jam 11.30, melakukan perjalanan pulang. Setiap saya melakukan perjalanan bila lewat/melalui Kota Solo, tidak lupa selalu mampir di Pasar Gede sekedar membeli Karak (Kerupuk) kesenanganku dan sempat muter2 di kota Solo ini. Selanjutnya kami meneruskan perjalanan ke arah barat/Semarang, ketika jam sudah menunjukkan angka 13.30 kami mampir pada tempat peristirahatan di daerah Boyolali hendak melakukan kewajiban sholat dan sekalian makan siang. Di Tempat ini disebutnya Rumah Makan Semar dan dikenal dengan nama “Semar Resto” menurut saya adalah tempat yang memadai baik areal parkirnya, musholanya, ruangannya dan bahkan menunya. Semoga oleh-oleh ini bermanfaat bagi anda semua, terimakasih.


 
Powered by by: Blogger